Penyebab Kanker Tiroid dan Faktor Risikonya

Kanker tiroid akhir-akhir ini banyak dibicarakan karena diderita oleh salah satu publik figur. Setidaknya, tahu penyebab kanker tiroid dan faktor risikonya bisa membantu Anda menekan kemungkinan untuk terkena penyakit ini.

Penyebab Kanker Tiroid

Nah, di sini kami telah berhasil merangkum beberapa kondisi yang dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit kanker tiroid dari berbagai sumber.

Mau tahu apa saja? Berikut ulasannya.

Penyebab Kanker Tiroid

Di Indonesia sendiri, kanker tiroid masih bisa dibilang jarang terjadi, tidak sebanyak penyakit kanker lainnya, seperti kanker payudara misalnya.

Kendati demikian, Anda tetaplah harus waspada, karena risiko untuk terkena penyakit kanker ini selalu ada, baik pada pria maupun wanita.

Kemudian, meskipun penyakit kanker tiroid lebih mungkin terjadi pada usia 35 sampai 40 tahun serta usia di atas 70 tahun, penyakit ini bisa terjadi pada usia berapapun.

Nah, dikutip dari Mayo Clinic, penyebab kanker tiroid secara pastinya belum diketahui sampai saat ini.

Yang jelas, penyakit ini terjadi ketika sel-sel pada tiroid mengalami mutasi atau perubahan genetik. Sehingga, memicu pertumbuhan sel yang abnormal.

Nah, akumulasi sel-sel tiroid yang abnormal tersebut pada akhirnya membentuk suatu tumor. Sel-sel abnormal tersebut juga dapat menyerang jaringan di dekatnya dan dapat menyebar ke seluruh tubuh.

Informasi Lainnya : Ciri-Ciri Orang Terkena Kanker Tiroid

Faktor Risiko

Meskipun penyebab pastinya belum juga diketahui, Anda harus tahu bahwa ada beberapa kondisi tertentu yang ternyata dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit kanker tiroid ini.

Nah, adapun orang-orang yang memiliki risiko tinggi untuk terkena kanker tiroid ini adalah mereka yang memiliki faktor risiko berikut:

  1. Kelainan Genetik dan Keturunan

Kelainan genetik tertentu dikatakan dapat meningkatkan risiko kanker tiroid, termasuk kanker tiroid meduler familial dan neoplasia endokrin multipel.

Pun jika Anda memiliki anggota keluarga (ayah, ibu, saudara laki-laki atau perempuan) yang memiliki penyakit kanker tiroid ini.

  1. Jenis Kelamin

Di bandingkan dengan pria, wanita memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena penyakit kanker tiroid ini.

Hal ini tentu saja berhubungan dengan masalah hormon pada wanita yang seringkali tidak seimbang atau mengalami gangguan.

  1. Paparan Radiasi

Terpapar radiasi tinggi, baik dari nuklir atau radiasi dari pengobatan medis tertentu juga dikatakan dapat membuat risiko seseorang untuk terkena kanker tiroid menjadi lebih tinggi.

Apalagi, jika radiasi tersebut mengenai bagian leher dan kepala.

  1. Kekurangan Yodium

Peran yodium dalam pembentukan hormon tiroid itu termasuk penting. Jadi, ketika tubuh tidak memiliki cukup yodium, kelenjar tiroid tidak bisa memproduksi hormon tiroid secara optimal.

Maka dari itu, tidak heran jika kanker tiroid tertentu di negara manapun lebih rentan terjadi pada orang yang memiliki kadar yodium yang rendah.

  1. Usia

Meskipun kanker tiroid bisa terjadi pada usia berapapun, wanita dengan usia 40-50 tahunan ke atas atau pria dengan usia 60-70 tahunan ke atas memiliki risiko yang tinggi untuk mengalami kanker tiroid.

Apalagi, jika Anda juga memiliki faktor risiko lainnya seperti yang telah disebutkan di atas.

  1. Gangguan Tiroid

Gangguan pada tiroid lainnya seperti memiliki penyakit gondok, juga memiliki risiko terkena kanker tiroid lebih tinggi dibandingkan orang lain tanpa gondok.

Nah, itulah beberapa informasi seputar penyebab kanker tiroid dan faktor risikonya. Semoga, apa yang sudah kami sampaikan di atas bisa bermanfaat untuk Anda semuanya, sehingga kita semua bisa terbebas dari penyakit kanker ini.

Posted By : Cara Alami Mengobati Kanker Tiroid Tanpa Operasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*